Fall Over Pada eBGP

- bgp

Halo.. Balik lagi ya.

Kali ini saya akan membahas tentang fitur BGP Fall Over, khususnya eBGP.

Perspektifnya dari sisi CE ya. By default, ketika interface (layer 1) ke arah provider flapping, maka peering eBGP dari CE ke PE akan otomatis mati, tanpa perlu menunggu hold time BGP expires. Fitur ini namanya BGP Fast-External Fall Over

The truth is, koneksi point-to-point dari CE ke PE tidak (pernah) benar-benar point-to-point. (99%) pasti ada perangkat layer 1 (repeater) atau switch di tengah-tengahnya. Oleh karena itu, kita tidak bisa benar-benar percaya dengan interface status di sisi CE.

Berangkat dari problem tersebut, ada fitur lainnya yang akan kita bahas, yaitu BGP Fall Over. Namun, fitur ini (menurut saya) tidak ada gunaanya jika tidak ditemani oleh BFD.

Opsi lain, peering eBGP Fall Over bisa menggunakan IP Loopback. Kemudian, antara CE dan PE running IGP untuk bertukar prefix IP Loopback. Jika link down, maka IGP akan down dan tentu saja peering eBGP akan down juga.

BGP Fall Over juga bisa di temani oleh route-map. Fungsi route-map adalah untuk checking, apakah IP peering BGP sesuai dengan kriteria yang kita inginkan atau tidak.

Misal nih, kita mau peering eBGP ke IP loopback provider. Biasanya kan IP loopback /32. Kalau kita punya backdoor link, IP loopback tersebut di advertise (via backdoor link) dengan subnet mask /29, maka kondisi tidak akan terpenuhi dan peering eBGP akan down.

Notes untuk saya dan teman-teman, peering eBGP yang tidak directly connected tidak bisa menggunakan default route. At least, router harus memiliki route specific ke IP Peering tujuan, minimal /1.

Sekian ya. Semoga bermanfaat..