First Media

- internet rumahan

Saya baru setahun belakangan ini menggunakan First Media. Alasan utama saya tidak menggunakan Indihome adalah karena lebih mahal.

Sejauh ini, gangguan koneksi Internet First Media tidak terlalu sering. Namun jika gangguan, lama waktu perkiraan perbaikan di template email mereka adalah 12-24 jam. Waktu aktual perbaikannya kadang bisa lebih cepat kadang bisa lebih lama.

Saya berlangganan speed paling kecil yang ditawarkan, 8 Mbps. Namun, jangan salah sangka dulu ya, 8 Mbps adalah speed untuk download, sedangkan speed uploadnya adalah sekitar 1 Mbps. Jauh sekali ya..

Iya.. Soalnya setau saya First Media masih menggunakan kabel tembaga/coax untuk aksesnya. Sedangkan ‘Tuan Tanah’ menggunakan Fiber sampai last mile. Istilah kerennya adalah FTTH.

Jika Anda browsing dan nonton Youtube misalnya, speed yang digunakan adalah speed download. Jika anda menaruh file di cloud, Anda menggunakan speed upload.

Barusan saya mau upload file dengan size sekitar 3.5 GB. FileZilla memperkirakan perlu waktu 7 jam lebih agar proses upload tersebut selesai.

First Media

Fiuh.. Akhirnya saya cancel dan saya berencana upload menggunakan modem MiFi yang menggunakan kartu IM3.