Membeli AS Number BGP

- bgp asn ripe hobbynet

Belakangan ini saya lagi sibuk dengan BGP AS Number saya yang beli dari region RIPE. Yup.. Saat ini saya memiliki AS Number sendiri (BGP ASN 2036868) dengan prefix IPv6 Only. Bisa di cek disini.

Capex yang saya habiskan kalau tidak salah sekitar 500 ribuan. Saat ini saya memiliki VPS server kecil-kecilan yang menggunakan Bird untuk mengadvertise prefix IPv6 saya. Opex yang akan saya habiskan lebih kurang mungkin sekitar 900 ribu setahun, untuk sewa VPS server tersebut.

VPS Provider tersebut tentu saja support peering BGP untuk hobbynet seperti saya. 1 VPS provider di Indonesia, yaitu Atharva. 1 Lagi di Denmark, yaitu Suble.

Landing Page ASN, saya hostig di GCP dengan free tiernya. Dan Alhamdulillah, GCP saat ini sudah support IPv6 juga. Jadi server tersebut bisa dual stack.

Kenapa beli di RIPE, tidak di APNIC? Karena infonya APNIC saat ini tidak menerima pendaftaran ASN Personal. Untuk seorang hobbynet, kurang pas rasanya membuat CV dan PT hanya untuk merasakan bagaimana feel bermain-main dengan BGP di real Internet.

Yang penasaran, bisa join ke grup telegram ini ya. Disitu para hobbynet berkumpul semua.

Cheers..

https://t.me/IPv6_Indonesia