Pertengahan bulan lalu, saya dan keluarga melakukan trip ke Belanda, Swiss dan Prancis selama lebih kurang 8 hari.

Persiapannya sudah dimulai dari jauh-jauh hari.

Yang pertama adalah membeli tiket, booking hotel di Booking.com yang bisa free cancellation. Kemudian membuat itenerary untuk keperluan visa dan persiapan berkas-berkas lainnya.

Karena titik pertama dan terakhir kami di Eropa ada Amsterdam, maka Visa kami ajukan ke kedutaan Belanda.

Form online langsung dibuat di website Kedutaan Belanda, dan disana juga ada syarat-syarat yang harus dipenuhi dan dilampirkan ketika proses pengajuan visa. Pengajuan visa sendiri dilakukan di VFS Global.

Pembayaran untuk mendapat slot jadwal VFS dilakukan duluan ketika kita memilih jadwal di website VFS. Sedangkan pembayaran Visa nya sendiri dilakukan ketika kita sudah berada di VFS.

Untuk berkas yang dilampirkan, jika lembarannya banyak seperti rekening koran, tidak perlu di print semua. Misal di Bulan Maret rekening koran ada 30 lembar, cukup di print 2 lembar pertama, 2 lembar di tengah, dan 2 lembar terakhir. Menghemat banyak tinta printer, tentu saja.

Hal ini kami ketahui ketika dari Staff VFS ketika pengajuan visa dilakukan.

Dan yang terakhir, untuk anak-anak berapapun umurnya, wajib datang ke VFS Global ketika pengajuan visa dilakukan.

2 Dewasa, 2 anak usia 7 tahun dan 4 tahun, memaksa kami mengeluarkan biaya sekitar 6 juta (tepatnya saya lupa). Untuk anak 4 tahun Visa nya gratis, namun fee ke VFS nya tetap bayar.

Untuk realisasi itenerary kami, akan di post di postingan berikutnya ya..